Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates
Breaking News
Home / Hikmah Kehidupan / Sesederhana Terimakasih

Sesederhana Terimakasih

gambar terimakasih
terimakasih via http://4.bp.blogspot.com

Seorang bijak berkata kepada muridnya, “ Ada satu hal yang harganya murah tapi sering dilupakan orang. Tahukah kamu apakah itu? Sang murid menggeleng, tanda tidak tahu. Sang guru melanjutkan,“ Ingatlah, seringlah mengucapkan terima kasih jika engkau ditolong seseorang, sebab itu modal awal dari membangun kepercayaan”

Membudayakan kata terima kasih menjadi sangat penting dalam kehidupan kita dewasa ini. Bagaimana tidak, kemajuan zaman yang menciptakan generasi cuek, individualis dan miskin tradisi berterima kasih sudah sedemikian membuat kita mabuk. Mungkin kita sering menemukan ada seorang yang ditolong dengan susah payah, setelah sukses seolah melupakan begitu saja. Tak ada terima kasih yang jadi ungkapan syukur atas pertolongan yang diberikan.

Ini sungguh ironis, sebab dalam episode kehidupan di muka bumi, seringkali kita menemukan banyak sekali aktivitas yang tidak dapat dikerjakan sendiri. Inilah esensi dari manusia sebagai makhluk ocial, selalu membutuhkan orang lain. Dalam mengerjakan sebuah pekerjaan kantor, mengetik sebuah dokumen misalnya, kita diburu waktu sementara pekerjaan menumpuk. Pada saat itulah, kita membutuhkan bantuan rekan sekerja untuk mengetiknya sehingga pekerjaan itu dapat selesai dengan baik.

Dalam kasus lain, seorang ibu rumah tangga yang ingin memasak sayur sop. Dia membutuhkan bantuan tukang sayur yang menyediakan bahan membuat sayur sop. Tukang sayur pun membutuhkan petani sayur ocia yang menyediakan stoknya. Petani sayur membutuhkan tukang bibit, penjual pupuk dan sebagainya. Ini menandakan, manusia hidup dalam lokasi ocial sehingga tercipta sebuah ketergantungan untuk mencapai tujuan bersama.

Dalam konteks sosial, sikap terima kasih adalah sebuah cara efektif membina hubungan dengan orang lain dan modal membangun kepercayaan. Tak ada yang sulit untuk sekedar mengucapkan terima kasih. Sebab kata terima kasih merupakan ungkapan syukur nan sederhana. Syukur karena telah dibantu orang lain, sederhana karena tidak berbayar dan dapat dilakukan tanpa dibatasi waktu.

Berterima kasih dapat pula dimaknai saling menghargai, sehingga tercipta saling pengertian dan menghilangkan rasa sakit hati. Seperti tercermin dari terima kasihnya rakyat Indonesia kepada Presiden Soekarno, Soeharto, Habibie, Megawati, SBY dan Jokowi kelak atas segala jerih payahnya memimpin Indonesia. Pasti ada kesalahan, tapi lantas tak menjadikan kita ragu mengucapkan terima kasih kepada para pemimpin bangsa. Bagaimanapun, membangun rasa terima kasih harus dibangun sehingga tercipta budaya santun atas pertolongan orang lain.

Melalui tulisan singkat, mari kita mulai belajar dan merawat tradisi berterima kasih sehingga tercipta insan yang selalu bersyukur dalam hidupnya. Percayalah, tak ada ruginya mengucapkan terima kasih. Sebab Allah menciptakan manusia berpasang-pasangan untuk saling mengenal, selalu bersyukur dan menjadi sebuah bukti tak ada manusia yang mampu hidup sendiri. Jadikan terima kasih dalam hidup kita, niscaya orang akan memberikan kepercayaan, rasa hormat dan menjadikan kita teladan berlomba-lomba dalam kebaikan.

Jakarta, 17 Februari 2015
Inggar Saputra

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

always positive

Tidak Ada Kata Percuma

Bismillaahirrahmanirrahiim.. Terinspirasi dari tindakan seorang mahasiswi di kampusku. Ketika itu di mesjid kampus ia merapikan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *