SKLK

SKLK

Malaysia merupakan negara berkembang yang memiliki pemerintahan dibawah kerajaan. Sistem pendidikan malaysia memiliki kesamaan dengan di Indonesia, yakni sekolah rendah 6 tahun dan sekolah menengah 5-6 tahun. Sekolah di Malaysia terdapat beberapa macam jenisnya yaitu sekolah kebangsaan atau disebut juga dengan sekolah negeri, sekolah kebangsaan Cina dengan peserta didiknya mayoritas orang cina dan sekolah jenis kebangsaan tamil yang siswanya mayoritas orang India. Meskipun beragam budaya, suku bangsa dan agama, di SKLK semua berbasis Islam. Seluruh siswa beragama muslim/ah, dan SKLK ini yang memadupadankan pembelajaran modern dan pembelajaran berbasis syariat Islam. Penanaman karakter pada anak merupakan langkah awal yang cerdas dalam membimbing anak
Sekolah Kebangsaan Lembah Keramat merupakan sekolah percontohan untuk sekolah dasar negeri. Sekolah ini terdapat dua sesi pembelajaran yaitu sesi pagi dan sesi petang. Sesi pagi diperuntukkan siswa tahun ke 4-6, dan sesi petang untuk tahun ke 1-3.

Pembelajaran di SKLK sudah berbasis dengan teknologi, sehingga nilai yang didapat siswa dapat dengan mudah diakses oleh orang tua. Kelas di SKLK menggunakan sistem moving class, dimana siswa berpindah kelas sesuai dengan jadwal dan siswa bertanggung jawab atas dirinya sendiri dalam pembelajaran.

Sekolah ini memiliki 1297 anak dibawah bimbingan 71 guru yang berkompeten di bidangnya. Setiap anak memiliki karakteristik dan latar belakang psikologis yang berbeda beda. Untuk memahami perkembangan psikologis anak, maka difokuskan pada beberapa aspek, yakni emosi, bahasa, sosial, kpribadian, moral dan kesadaran beragama. Sekolah ini pun memiliki fasilitas yang lengkap tidak terkecuali ruang konseling yang dikelola oleh dua guru khusus konselor. Satu guru bertanggung jawab atas 500 anak, mulai dari perkembangan fisik, kognitif maupun psikologis anak.

Sebagai penutup, kerjasama antara pihak sekolah dan pihak keluarga di SKLK (Sekolah Kebangsaan Lembah Keramat) merupakan cerminan sistem pendidikan yang seimbang dan koheren. SKLK selalu membangun komunikasi orang tua, murid dan pihak sekolah terlebih mengenai nilai yang akan didiskusikan pada mereka. agar penilaian tidak satu pihak dan tidak ada pihak yang merasa terdzolimi.

Komunikasi yang baik antar kedua belah pihak ini dapat saling bahu membahu membentuk anak menjadi insan sesuai harapan. Sistem pendidikan SKLK juga sangat relevan dengan zaman modern saat ini. Sistem ini berbasis ICT dan pembelajaran secara holistik memberikan pemahaman kita bahwa anak tidak hanya dapat mengerti dan menghafal semua teori melainkan anak juga dapat memahami, memaknai dan bahkan mengaplikasikannya ke dalam kehidupan mereka sehari hari.

Masukkan untuk SKLK sebagai berikut :
Pembelajaran di Malaysia membutuhkan mata pelajaran Nasionalisasi berupa bahasa nasional, bendara nasional dan berjiwa patriotik. Berbagai suku bangsa yang saling mengunggulkan satu sama lain akan rentan pada perpecahan di masyarakat tersebut.

Sistem pendidikan Indonesia dapat mengadopsi kelebihan dari sistem pendidikan di Malaysia dengan disesuaikan dengan karakter dan kepribadian jati diri bangsa Indonesia sebagai landasannya.

ERMANIATU NYIHANA

About Admin

Check Also

Teori Ketuaan (Aging vs Longevity)

Teori Ketuaan (Aging vs Longevity) Allah SWT berfirman dalam QS Al-Hajj ayat 5 tentang siklus ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *