Home / Pengetahuan Umum / Struktur DNA

Struktur DNA

Struktur DNA Baru di dalam Sel Manusia

13-50-26-18_04.jpg.cf

Kulsap kali ini saya ingin membahas tentang Struktur DNA Baru di dalam Sel Manusia. Kalau kita ingat-ingat lagi pelajaran SMP atau Kuliah tentang Genetika, sebagian besar kita berpikir struktur DNA itu berbentuk double helix (Watson dan Crick). Nah, penelitian baru ini menyatakan bahwa struktur DNA yang benar-benar berbeda (dari double helix) itu memang ada dan bisa menjadi penting bagi sel-sel kita.

Komponen DNA yang baru diidentifikasi disebut struktur motif interkalasi (i-motif) yang pertama kali ditemukan oleh para peneliti tahun 1990-an, tetapi hingga sekarang hanya pernah disaksikan secara in vitro, bukan pada sel hidup.

Tetapi baru-baru ini, kita jadi tahu bahwa i-motif ini memang ada dan terjadi secara alami dalam sel manusia.
Struktur i-motif ini adalah simpul DNA beruntai 4. Dalam struktur simpul, basa C (cytosine) pada untaian DNA yang sama mengikat satu sama lain – ini sangat berbeda dengan double helix dimana ‘basa’ pada untaian berlawanan saling mengenali satu sama lain dan dimana basa C (cytosine) berikatan dengan G (guanine).

Terkait fungsi struktur i-motif ini masih harus dipelajari lagi. Temuan sementara menunjukkan bahwa struktur i-motif cenderung muncul di daerah promotor (area DNA yg mengontrol apakah gen dinyalakan atau dimatikan) dan struktur ini juga ditemukan di telomer (penanda genetik yg terkait dengan penuaan).

Fungsinya struktur i-motif ada di promotor dan telomer adalah untuk membantu mengaktifkan atau menonaktifkan gen, serta mempengaruhi apakah gen aktif dibaca atau tidak.

Zeraati (Tim Peneliti) menyampaikan bahwa pembentukan struktur ini mungkin sangat penting agar sel berfungsi normal dan setiap penyimpangan dalam struktur ini mungkin memiliki konsekuensi patologis.

MasyaAllah.. Maha Besar Allah yang telah menciptakan sesuatu dengan sangat detail dan teratur..
Sekian kulsap dari saya. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaykum Wr Wb.
Kasita Listyarini
Kota Hujan, 25 Agustus 2018

About Admin

Check Also

Teori Ketuaan (Aging vs Longevity)

Teori Ketuaan (Aging vs Longevity) Allah SWT berfirman dalam QS Al-Hajj ayat 5 tentang siklus ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *