Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates
Breaking News
Home / Dakwah / Tadabbur Surat As-Sajdah ayat 10-13

Tadabbur Surat As-Sajdah ayat 10-13

al-quran
via http://www.abujibriel.com

 

{وَقَالُوا أَإِذَا ضَلَلْنَا فِي الْأَرْضِ أَإِنَّا لَفِي خَلْقٍ جَدِيدٍ ۚ بَلْ هُم بِلِقَاءِ رَبِّهِمْ كَافِرُونَ (10) ۞ قُلْ يَتَوَفَّاكُم مَّلَكُ الْمَوْتِ الَّذِي وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ (11) وَلَوْ تَرَىٰ إِذِ الْمُجْرِمُونَ نَاكِسُو رُءُوسِهِمْ عِندَ رَبِّهِمْ رَبَّنَا أَبْصَرْنَا وَسَمِعْنَا فَارْجِعْنَا نَعْمَلْ صَالِحًا إِنَّا مُوقِنُونَ (12) وَلَوْ شِئْنَا لَآتَيْنَا كُلَّ نَفْسٍ هُدَاهَا وَلَٰكِنْ حَقَّ الْقَوْلُ مِنِّي لَأَمْلَأَنَّ جَهَنَّمَ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ (13)} [السجدة : 10-13]

Dan mereka berkata: “Apakah bila Kami telah lenyap (hancur) dalam tanah, Kami benar-benar akan berada dalam ciptaan yang baru ?” bahkan mereka ingkar akan menemui Tuhannya. Katakanlah: “Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikanmu, kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan.” Dan, jika Sekiranya kamu melihat mereka ketika orang-orang yang berdosa itu menundukkan kepalanya di hadapan Tuhannya, (mereka berkata): “Ya Tuhan Kami, Kami telah melihat dan mendengar, Maka kembalikanlah Kami (ke dunia), Kami akan mengerjakan amal saleh, Sesungguhnya Kami adalah orang-orang yang yakin.” Dan kalau Kami menghendaki niscaya Kami akan berikan kepada tiap- tiap jiwa petunjuk, akan tetapi telah tetaplah Perkataan dari padaKu: “Sesungguhnya akan aku penuhi neraka Jahannam itu dengan jin dan manusia bersama-sama.” Surat As-Sajdah 10-13

Ayat ini menggambarkan kondisi nabi Muhammad yang diejek orang-orang kafir. Mereka mengejek, “apakah jika kita telah hancur di dalam bumi apakah akan diciptakan kembali dalam bentuk baru?”

Kalau saya bahasakan dgn sederhana seperti ini. “Terus kalau gue udah hancur di dalem bumi, gw bakal dihidupin lagi gitu?

Atau dalam format yg lain “ya udah terserah gue mau ngapain aja terserah, emang kalau gw mati, bakal dihidupin lagi? Selow banget sih, ngurusin hidup setelah mati

Begitulah kira-kira fenomena saat nabi Muhammad menyampaikan bahwa setiap manusia akan dihidupkan kembali dan akan bertemu langsung dengan Allah untuk mempertanggungjawabkan perbuatan selama dia di dunia.

Pun hari ini kita juga bisa menemui fenomena yang sama.Menyelepelekan dan gak mengimani pertemuan dengan Allah di hari Akhir. Dengan kejadian itu, nabi muhammad diperintahkan untuk menjawab dengan redaksi di ayat 11

۞ قُلْ يَتَوَفَّاكُم مَّلَكُ الْمَوْتِ الَّذِي وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ (11)

“kami mengutus malaikat kepadamu dan akan mematikanmu, kemudian hanya kepada Allah kamu di kembalikan”

Kalau terjemahan lepasnya, “malaikat maut sudah diutus untuk mematikan kamu sekalian, tanpa kecuali, kemudian kamu akan dibawa ke hadapan Allah”

Ayat berikutnya ini kalau dibaca, ditadabburi, dan dibaca dengan sepenuh pemahaman itu akan membuat hati diaduk-aduk dan bikin merinding. Allah menjelaskan keadaan orang-orang yg berkata dengan perkataan di atas.

Bagaimana keadaan nya?

Ayat 12 menjelaskan, lihatlah keadaan orang-orang yang berbuat jahat seperri keadaan yg diterangkan ayat sebelumnya, mereka menunduk ketika dipertemukan dengan Allah. Sambil penuh sesal mereka masih berdoa kepada Allah untuk meminta keringanan.

“Ya Allah kami telah melihat dan kami telah mendengar, mohon kembalikan kami ke dunia, kami akan berbuat baik. Dan kami akan menepatinya”

Keadaannya sudah berbeda ketika sudah mati dan bertemu dengan Allah. Gak bakal bisa kembali ke dunia lagi. Dunia ini adalah darul amal, sedangkan akhirat darul jaza (negeri pembalasan).

Ayat ke 13 menjelaskan bahwa sebenernya Allah bisa saja memberikan hidayah kepada seluruh manusia dan jin. Namun perkataan Allah adalah Haqq, bahwa neraka akan penuh dengan manusia dan Jin. Jadi neraka pastilah akan penuh dengan manusia dan jin yg tidak diberi hidayah oleh Allah.

Ayat ke 14 yang bikin merinding-semerindingnya.

Bayangkan Allah yang mengatakan langsung, dihadapan kita sendiri. Pantas saja jika beberapa imam haramain tersedu dan suaranya tercekat jika sampai ayat ini

{فَذُوقُوا بِمَا نَسِيتُمْ لِقَاءَ يَوْمِكُمْ هَٰذَا إِنَّا نَسِينَاكُمْ ۖ وَذُوقُوا عَذَابَ الْخُلْدِ بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ} [السجدة : 14]

“Maka rasakanlah siksa ini disebabkan kamu melupakan akan pertemuan dengan harimu ini. Sesungguhnya Kami telah melupakan kamu (pula) dan rasakanlah siksa yang kekal, disebabkan apa yang selalu kamu kerjakan.”

Terjemahan bebasnya, ketika orang-orang yang mengingkari pertemuan dengan Allah langsung dihadapkan langsung dengan Allah itu bakal langsung mati gaya. Kemudian Allah langsung memberi Adzabnya karena pembangkangannya selama di dunia

rasakan siksa ini karena perbuatanmu. Hari ini kami melupakanmu. Rasakanlah azab siksa yang kekal ini

Dari ayat ini kita tadabburi bahwa keimanan terhadap pertemuan dengan Allah adalah salah satu syarat selamat di akhirat. Dan keimanan terhadap pertemuan tersebutlah yg akan membuat rasa khauf akan azab dr Allah. Itu akan menjadikan kita lebih menjaga diri.

Semoga Harapan kita bertemu dengan menjadikan kita melakukan amalan terbaik dan membuat kita tidak menyekutkannya sedikitpun.

فَمَن كَانَ يَرْجُو لِقَاءَ رَبِّهِ فَلْيَعْمَلْ عَمَلًا صَالِحًا وَلَا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِ أَحَدًا

Semoga bermanfaat

Sepenuh Cinta

Kendal, 1 Februari 2015

Fahmi Basyaiban

About Fahmi Basyaiban

Check Also

hujan

Berkumpulnya Titik-Titik Kecil

Lagi musim  ujan nih…banjir udah mulai menjadi bahan berita sehari-hari. Longsor di sana sini. Pohon ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *