Home / Pengetahuan Umum / Teori Pembentukan Bumi

Teori Pembentukan Bumi

Teori Pembentukan Bumi

Pernah kah teman teman berpikir kenapa permukaan bumi ini ga teratur? Kenapa seolah-olah permukaan bumi ini porak poranda? Kenapa ga seluruh gunung lokasinya di satu pulau saja? Kenapa sungai harus berbelok belok?

Pada dasarnya ada 2 teori tentang pembentukan permukaan bumi:
1. Teori katastropisme
Berasal dari kata catastrophism yang artinya malapetaka yang besar. Teori ini mengatakan bahwa pada masa lalu terdapat malapetaka yang sangat besar sehingga bumi pun porak poranda dan menhasilkan permukaan bumi yg tidak sama antara satu daerah dan daerah lainnya.
2. Teori uniformitarianisme
Berasal dari kata uniformitarianism. Pencetus teori modern ini adalah James Hutton, Scottish geologist, pada abad ke-18. Quote nya yg paling terkenal tentang teori ini adalah The Present is The Key to The Past. Bahwa sebenarnya semua ini berproses, bersiklus. Gunung, laut dan semua fitur geomorfologi terbentuk oleh suatu proses di masa lalu. Penurunan daratan menjadi laut. Abu letusan gunung api jadi daratan subur. Dan sebagainya.

Terus, siklusnya dimana? Contoh paling sederhananya adalah pembentukan danau. Danau biasanya terbentuk karena hujan keras pada suatu daerah rendah. Kemudian, datang musim kemarau, akhirnya danau hilang. Musim hujan datang, jadi danau lagi. Begitu seterusnya. Analogi yang sederhana walaupun kalo kita bicara geologi, tidak sederhana itu.

Cukup demikian kulsap kali ini
Wallahu’alam BarakAllah fii kum
Muhammad Fawzy Ismullah
13-2-2018

About Admin

Check Also

Tempe

Tempe Siapa disini yang belum pernah makan tempe? Pasti sudah semua kan ya. Tempe sangat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *