Deprecated: Function eregi() is deprecated in /home/kamussma/mjr-sjs.net/wp-blog-header.php on line 7
The Maze Runner – MJR-SJS
Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates
Breaking News
Home / Bedah Film / The Maze Runner

The Maze Runner

film Maze Runner
via www.fashionnstyle.com

Asaalamu’alaikum wr.wb.

Alhamdulillah malam ini diberi kesempatan oleh comin MJR 2, setelah kemarin juga kulsap megenai film juga. Sebenarnya mengajukan diri buat bedfil karena saya merasa tidk adil jika sudah menonton beberapa film dan tidak menmberitahukan pada yang lain. Dalam sepekan ini hampir setiap hari menonton film baru, baik itu yang lama tapi baru di download atau emang yang fresh baru di rilis. Yah salah satunya film yang akan saya bedah malam ini, yaitu sebuah film yang diangkat dari novel Pentalogy* karangan James Dashner, seorang novelis amerika kelahiran Georgia, 26 November 1972, berjudul Maze Runner.

Novel yang masuk genre Young Adult Fiction ini pertama kali rilis pada tahun 2009 untuk the Maze Runner, 2010 untuk The Scorh Trial, 2011 untuk The Death Cure, 2012 untuk The Kill Order, dan series terakhir tahun 2016 untuk The Fever Code. Sejauh ini baru dua series pertama yang sudah diangkat ke layar lebar. Series pertama dirilis November 2014 dan yang kedua, Scorch Trial pada September 2015. Sedangkan untuk film ketiga rencanaya akan di rilis pada Februari 2017.

Film yang dibintangi oleh Dylan O’Brien (Thomas), Kaya Scordelario(Teresa), Thomas Sangter(Newt), Ki Hong Lee(Minho), Will Poulter dan Patricia Clarkson (Ava Paige) berlatarbalakang dimana bumi sudah sekarat dikarenakan ledakan  sinar matahari 13 tahun yang lalu (the Kill order) yang menyebabkan manusia terkena sebuah wabah penyakit yang disebuut virus flare. Sebuah virus yang menjadikan manusia seperti Zombie. Disinilah beberapa ilmuwan melakukan berbagai cara agar menemukan obat penyembuh untuk penyakit ini. Dan membuat Maze(Labirin) dan memasukkan para anak muda kedalammnya merupakan salah satu carana.

Film 1. Maze Runner

Film pertama ini diawali dengan dimasukkannya Thomas kedalam Glade, pusat dari Maze. Dimana pada saat itu Thomas sudah dinanti oleh para Glader – julukan buat remaja yang berada didalam glade. Di dalam Glade Thomas banyak mengenal teman baru, seperti chuck – seorang glader gemuk dan pendek , newt – seorang glade yang bertugas sebagai kepala kebun, Aby –  Ketua Glader. Didalam glade, untuk mengharmoniskan kehidupan para glader, dibuatlah pembagian job, dimna salah satunya ada yang bertugas sebagai Runner, yaitu orang-orang yang bertugas mencari tahu apa-apa yang terdapat dari labirin dan berharap mereka menemukan jalan keluar. Di dalam glade yang berbentuk persegi ini terdapat 4 gerbang besar yang terbuka bergantian setiap harinya secara bergantian. Akan terbuka pada pagi hari dan tertutup pada sore hari. Para runner memasuki labirin pada pagi hari dan kembali pada sore hari. Malam harinya, di dalam labirin terdapat monster yang menjaga, Griever. Robot monster yang sengaja dibuat untuk menjaga labirin.

Hingga pada suatu hari, aby dan minho yang memasuki labirin tidak kembali juga, padahal hari sudah hampir malam. Beberapa gladers yang cemas, menunggu mereka di depan gerbang labirin yang terbuka hari itu termasuk thomas. Setelah dilanda kecemasan, akhirnya aby dan minho terlihat juga di ujung lorong menuju labirin. Aby terlihat tidak sadarkan diri. Minho yang bersusah payah membawanya terlihat sudah kehabisan tenaga, padahal pada saat itu, gerbang sudah meulai tertutup. Tidak ada satupun glader yang berani memasuki lorong didepan gerbang padahal saat itu diperkirakan minho tidak akan bisa tepat waktu membawa aby melewati gerbang. Karena merasa ingin membantu, disaat-saat terakhir gerbang hendak tertutup, Thomas memasuki lorong dan ketika melewati lorong, gerbangpun tertutup. Mereka bertiga terjebak di dalam labirin. Kebanyakan glader selalu berasumsi bahwa melewati malam didalam labirin belum tentu kita akan selamat, karena griever sudah menanti didalam. Tetapi hal ini tidak menyurutkak niat Thomas buat bertahan hidup malam itu. Setelah ia menyadari bahwa Aby sudah tidak sadarkan diri, maka ia dan minho berencana “menyimpan” aby dari griever dengan menggantungkannya di salah satu dinding labirin yang sudah ditumbuhi tanaman merambat. Tetapi belum selesai menarik aby keatas, auman griever sudah terdengar. Minho yang ketakutan meninggalkan Thomas. Thomas yang ketakutan juga, segera mengamankan Aby dan masuk kedalam tanaman menjalar di dinding. Benar saja tak lama setelah itu, Griever lewat di depannya. Setelah griever berlalu, ia melanjutkan “penyimpanan” Aby. Setelah selesai, tiba-tiba griever muncul dan mengejarnya. Dalam pelariannya, ia bertemu dengan Minho. Pada saat bersamaan itu pula labirin berganti susunan. Ada bagian yang terbuka dan ada yang tertutup. Melihat kondisi itu, Thomas menjebak griever kedalam labirin yang tertutup dan akhirnya griever terjepit di labirin dan mati. Malam pun berlalu, dan keesookan paginya ketika gerbang labirin sudah terbuka, mereka pun kembali kedalam glade dan disambut oleh para glader lain yang tidak percaya bahwa mereka masih hidup. Lalu mereka mebawa aby untuk diobati. Setelah diketahui, bahwa Aby ternyata disengat oleh Griever. Tetapi ini aneh, karena biasanya griever keluar pada malam hari, dan Aby tersengat pada siang hari. FYI, disengat Griever membuat glader menjadi sedikit gila, sehingga setiap glader yang tersengat bisa dipastikan akan dimasukkan ke dalam labirin pada malam hari dan biasanya tidak pernah kembali.

Satu bulan setelah berada di Glade, akhirnya Lift Box (lift yang mengirim setiap glader setiap bulannya beserta bahan makanan) mengirimkan seseorang lagi kedalam glade. Tetapi kali ini glader yang dikirim adalah seorang wanita yang dalam kondisi tidak sadarkan diri dan tulisan bahwa wanita ini adalah glader yang dikirim terakhir.

Dilain hal, Gally salah seorang glader yang tidak suka dengan Thomas mengusut kasus, dimana Thomas sudah melanggar peraturan bahwa dia bukan seorang runner dan memasuki labirin. Meraka akhirnya member hukuman kepada Thomas, yaitu pengurungan selama malam hari, tetapi ia juga dinobatkan sebagai Runner. Keesokan harinya mereka memasuki glade dan kembali ke tempat griever yang sudah mati. Disana mereka mendapati “otak” griever yang memiliki sensor seperti kode khusus. Setelah mengetahui bahwa itu adalah kode untuk memasuki hole (sebuah jalan dimana tempat Griever muncul). Mereka percaya bahwa empat dimana griever kelar adalah jalan keluarnya. Setelah sampai di hole, mereka berniat memasukinya, tetapi yang ada, labirin malah bergerak mengalami perubahan struktur. Dan sejak malam itu, gerbang glade tidak tertutup. Cemas akan hal ini, para glade memutuskan untuk melindungi diri dari griever. Benar saja, tidak lama matahari tebenam, beberapa griever memasuki glade dan memangsa para glade, salah satunya Aby. Malam itu banyak glade yang tewas, hingga pagi harinya hanya sedikit glade saja yang tersisa.

Gally yang sekarang ditunjukkan sebagi ketua, menyalahkan Thomas atas kejadian malam itu dan mengurungnya. Namun dilain sisi, Thomas dan beberapa glader memiliki rencana untuk keluar dari glade dan pergi ke Hole. Rencana ini ditentnag oleh Gally. Akhirnya mereka berpisah. Ada glade yang ikut Thomas dan ada yang memilih tinggal di Glade.  Thomas dan beberapa glader akhirnya menuju Hole, dan benar saja, disana mereka sudah ditunggu oleh griever. Dengan semangat yang tinggi untuk bebas, mereka akhirnya berhasil melalui griever dan memasuki hole, walaupun ada beberapa yang jadi korban. Setelah melewati hole, mereka memasuki sebuah ruangan kendali dimana ini adalah tempat mereka selama ini dikendalikan. Tetapi anehnya setiap orang disana sudah meninggal. Beberapa glader merasa putus asa. Setalah berencana untuk keluar, ternyata Gally secara tiba-tiba berada di belakang mereka dengan kondisi sudah tersengat Griever. Ia berusaha mencegah Thomas dkk, untuk keluar dari ruang kendali itu, gally mencoba menembak Thomas tetapi chuck yang terkena tembakan itu dan akhirny tewas. Gally juga tewas terkena tombak. Tak lama setelah itu, secara tiba-tiba satu pasukan elite menjemput dan membawa mereka menggunakan mereka.

To be continued….

11 Desember 2015
Aria Fandali

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

tausiah cinta

Petikan Hikmah dari Film Tausiyah Cinta

Awalnya saya berfikir film ini akan sama dengan film-film bertemakan cinta pada umumnya yng juga ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *