Home / Pengetahuan Umum / Tips Menghadapi Kejadian Tidak Terduga ( Gempa Bumi)

Tips Menghadapi Kejadian Tidak Terduga ( Gempa Bumi)

Tips Menghadapi Kejadian Tidak Terduga ( Gempa Bumi)
Tips Menghadapi Kejadian Tidak Terduga (Dipengalaman Saya Gempa)

Segera hindari sumber bahaya, contohnya segera berlari ketempat lapang ketika gempa besar terjadi, apabila sempat bawa hp dan dompet, kalau sudah susah mencari, sebaiknya lari saja.

Hindari panik, sepandai dan seberpengalaman apapun kita kalau panik semuanya akan jadi blank. Tarik nafas perlahan sambil berzikir.
Setelah keadaan dirasa aman kembali kerumah tentunya kalau rumahnya tidak terdampak.

Bergaya hidup minimalis sangat berguna apabila terjadi hal tak terduga, contoh saja dirumah saya tidak ada hiasan dinding satupun. Jadi tembok tidak berat dan rumah kerusakannya ringan (dengan izin Alloh juga tentunya) tetangga saya kanan kiri lumayan rusak rumahnya.

Apabila ada anggota keluarga kita yang panic, tenangkan dengan menyuruhnya istirahat dan tetap berdoa bagi kita yg berjaga.

Untuk mengurangi trauma yang terjadi, kita bisa mengikuti kegiatan membantu korban yang lain, misal kegiatan relawan sangat berguna sebagai bahan trauma healing buat diri sendiri dan bisa membantu orang lain tentunya.

Apabila daerah kita rawan bencana, selalu persiapkan dokumen-dokumen penting dalam satu tas khusus, dan satu lagi untuk perlengkapan lain, baju, senter, tenda, perlengkapan mandi, dll, jadi ketika bencana datang kita sudah prepared.

Bersedekah, dengan bersedekah akan meringankan hati kita dan bermanfaat buat orang lain tentunya.

Jangan menyalahkan keadaan atau mengkambinghitamkan siapapun, terima saja hal yang menimpa kita sebagai bentuk Qadarullah yang pastinya ada hikmah dibalik semua yang terjadi.

Ikhlas dan sabar, dengan kedua hal tersebut Allah akan membantu menguatkan hati kita dan memberi jalan keluar pada setiap permasalahan yang terjadi pada kita.

Yang terakhir jangan mengunggah gambar atau video apapun dengan tujuan mencari simpati, terutama ketika terjadi bencana, karena akan menimbulkan trauma massal. Cukup lembaga yang berkompeten yang melakukannya.
Sekian kulsap dari saya, terima kasih.

Sumber : pengalaman pribadi
Fawzy Ismullah

About Admin

Check Also

Tempe

Tempe Siapa disini yang belum pernah makan tempe? Pasti sudah semua kan ya. Tempe sangat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *