Breaking News
Home / Kabar Terbaru / Wonder Week

Wonder Week

Wonder Week

Fia luthfiatul HI.

Pernahkah khawatir lihat bayi nangis terus menerus, bukan karena lapar, bukan karena popok basah, bukan juga karena sakit apalagi bayi tersebut anak sendiri dan anak pertama pula. Pasti bingung dan kadang pengen ikutan nangis. Ternyata rewelnya bayi yang terus-terusan ini bisa jadi ia mengalami wonder week.

Wonder week adalah istilah yang digunakan oleh pediatri asal Belanda, Fransiscus Xaverius Plooij dan istrinya: Hetty Van de Rijt untuk menggambarkan lompatan perkembangan mental yang dialami bayi di usia 20 bulan pertama kelahirannya.

Lompatan ini terjadi sebanyak 10 kali di mana ada perubahan sistem otak dan saraf yang membuat bayi memiliki peningkatan kemampuan sensoris setelahnya. Saat mengalami ini, bayi memang cenderung lebih rewel. Hal ini bayi belum bisa mengontrol kemampuan barunya. Wonder week bisa berlangsung antara 1-4 minggu.

3C tanda wonder week

1. Clinginess
Bayi selalu ingin menempel dengan ibunya, selalu ingin digendong, tidak mau diletakkan di tempat tidurnya bahkan pada saat tidur pun (belum nyenyak) seperti mengintip apakah ibunya ada di sisinya atau tidak

2. Crankiness
Lebih rewel, saat tidur mudah terganggu (selama digendong tidur, saat diletakkan terbangun). Ketika menyusu perhatiannya mudah teralihkan, lebih rewel saat menyusui itu bukan berarti ASI tidak cukup

3. Crying
Bayi lebih sering menangis tanpa sebab.
Nah, kalau wonder week sedang terjadi apa yang harus orang tua lakukan terutama ibu?

Tetap tenang, ikuti apa yang diinginkan bayi, bisa bergantian menggendongnya kalau ibu ingin rehat dan tenang sebentar. Bila full ASI, jangan mengira tidak cukup atau buru-buru beli sufor (baca: Susu Formula). Yakin bahwa setelah itu, bayi akan semakin cerdas. Berdo’a agar Allah selalu melindungi.

Wallaahua’lam bisshawwab.
Sumber :
http://www.parenting.co.id/bayi/mengenal-wonder-week-saat-bayi-lebih-rewel
IG @ibupedia_id

About Admin

Check Also

Keterlibatan Negeri Barat Sebagai Great Powers terhadap Dinamika Politik Timur Tengah

Timur Tengah dan Afrika Utara (Middle East and North Africa) sedang mengalami perubahan besar rekonfigurasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *