Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates
Breaking News
Home / Dakwah / Yang dihinakan Allah

Yang dihinakan Allah

Note ini sebenarnya hanya rangkuman saya saja dari koran Media Indonesia yang saya baca salah satu spot favorit perpustakaan kampus ^^. Rasanya menyenangkan saja bila bisa berbagi ilmu dengan readers sekalian …senang sekali rasanya membaca media koran tingkat nasional yang tidak hanya memuat topik “duniawi” tetapi turut pula menyebarkan mendia informasi ilmu religius..smoga bermanfaat..

salam semangat selalu

sharing selalu …untuk kali ini judul ulasannya ialah “Yang dihinakan Allah”,namun maaf sebelumnya saya lupa mencantumkan penulis ulasan ni..harap maklum yaa.. ^^

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Sesungguhnya Allah SWT bila mencintai hambaNya memanggil Jibril seraya berfirman ‘Sesungguhnya Aku mencintai si fulan,maka cintailah dia'”.Rasulullah SAW bersabda,’maka Jibril pun mencintai si fulan. Lalu, Jibril menyeru semua penduduk langit, ‘Sesungguhny Allah mencintai si fulan’. Nabi bersabda, ‘Maka,si fulan dicintai penduduk bumi’. jika Allah membenci seorang hamba Dia memanggil Jibril dan berfirman sesungguhnya Aku membenci si fulan,maka bencilah ia sehingga Jibril pun membencinya”.Rasulullah bersabda .”Lalu,Jibril menyeru penduduk langit,’Sesungguhnya Allah membenci si fulan,maka bencilah dia.'”Penduduk langit pun membenci si fulan,kemudian dia pun dibenci penduduk bumi.(HR.Bukhari dan Muslim)

“Dan barang siapa yang dihinakan Allah,maka tidak seorangpun yang memuliakannya.Sesunguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki”(Qs al-hajj 18)

Rasulullah sering berdoa agar tidak dihinakan Allah.”Ya Allah berilah tambahan kebaikan dan jangan Engkau kurangi,muliakan kami,dan jangan engkau hinakan.Berilah anugrah kepada kami dan jangan engkau cegah.Prioritaskan kami dan jangan ditinggalkan.Ridhailah kami dan berikan keridhaan kepada kami.”(HR Achmad dn Turmudzi) Diantara bentuk kehinaan yang ditimpakan Allah di dunia adalah kehinaan hidup,ditimpakan kekalahan dalam persaingan,dan disesatkan dari jalan Allah.Sedangkan,kehinaam pada hari kiamat adalah ditutup matanya dari melihat Allah (QS.Hud 105-106/al Muthaffifin 14-17)

Di antara orang-orang yang dihinakan, pertama,pelaku kemaksiatan(QS Ghofir 82). Al Mu’tamir bin Sulaiman berkata ,”Sesungguhnya seseorang yang melakukan dosa secara rahasia,maka pada pagi harinya akan ditimpakan kehinaan”.[Raudlatul Muhibbin karya Ibnul Qoyyim.hlmn 441]. Kedua,orang yang menentang ajaran Islam (QS az Zumar 55-61 dan al an’am 125).Umar RA berkata,”Kita dimuliakan Allah dengan Islam dan barang siapa yang mencari kemuliaan dengan selain Islam,maka dia akan dihinakan”[Ibnu Abdil Birr dalam kitab Ak-Mujalasah wa Jawahiril Ilmi,juz II,hlmn 273] Ketiga,menolak kebenaran karena kesombongan [QS Shad 12-15,al Haqqah 4-8]. Hasan Basri mengatakan,ada tiga macam manusia,yakni mukmin,munafik,dan kafir.Mukmin adalah orang yang menaati perintah Allah,kafir adalah yang dihinakan Allah,dan munafik adalah mereka yang tidak mengenal Allah,tapi dikenal keingkarannya dengan perbuatan-perbuatan jahat yang menampakkan kejauhan dirinya dari Allah [Al Firyabi dalam kitab Shifatul Munafik,hlmn 61]. Keempat,sombong dihadapan makhluk [QS al-Qashash 83]. Kelima,orang zalim [QS al-A’raf 165-166,Yunus 13-14]. Keenam,penghamba harta dan kedudukan [QS al an’am 44].rasul bersabda,”Celakalah penghamba dinar dan dirham.”[HR Bukhari] semoga note sederhana ini bisa kembali mengingatkan kita tentang apa yang telah kita lakukan di dunia semoga tidak termasuk ke dalam golongan orang yang merugi. Belilah beberapa buah kursi, kemudian letakkan d dalam masjid. Supaya mendapat pahala setiap orang yang ingin memakainya saat solat (sering d dapati d masjid2 arab mekah n madinah) letakkanlah d jendela kamarmu segelas air atau makanan untuk burung2 kecil yang datang hinggap ke sana. sisihkanlah dri hasil upah jerih payahmu, sedikit untuk

d sumbangkan kepada anak yatim. Belilah sekantong plastik kaos tangan n kaos kaki, agar bisa d berikan kepada para pekerja. Letakkanlah d kamarmu sebuah kotak, dimana setiap kali kmu merasa melakukan dosa, masukan uang receh 3-5rbu ke dalamnya, jika sdh genap 1 bulan, buka kotak itu, n besedekahlah dengan uang tsb. Jika engkau hadir dlm acara kumpul2 bersama keluarga n kerabat, belilah 1/2 buah karton air putih, niatkan utk sedekah kepada orang2 yang butuh minum, yang sakit, lainnya. Jika kamu mengisi bensin, kemudian datang petugasnya ingin mengembalikan uang receh sisa bensin, tanyakan apakah dia muslim? Jika ia, biarkan sisa uang itu untuknya sbgai bntuk sedekah, jika bukan seorang muslim, tetap berikan dg niatan semoga dia cinta kepada agama islam dan masuk ke dalamnya belilah mushaf (al quran) letakkan di salah satu masjid, dan bayangkan berapa pahala yang akan kmu dpat pada setiap huruf yang mereka mau membacanya berikanlah perasaan gembira kepada setiap muslim, terkhusus kepada mereka2 yang sedang d timpa kesedihan. Lemparkanlah senyum kepada orang yang kamu temui, berilah salam kepada orang yang duduk, dan bertuturlah dengan ucapan yang baik jangan biarkan engkau tertidur, melainkan telah engkau ampuni setiap orang yang telah berbuat jelek kepadamu dri menggibahi, mengadu domba, n mendzalimimu

Are you ready #SedekahAwalBulan ??

Ayu

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

Adab Persaudaraan karena Allah, Cinta dan Benci karena Allah

بسم الله الرحمن الرحيم …… من اًحب لله و اًبغض لله و اًطی لله فقد ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *