Home / Pengetahuan Umum / E-Commerce Hotel

E-Commerce Hotel

E-Commerce Hotel

Apakah e commerce hotel itu?

Kalo menurut David Baum 1999, E Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik.

Bisa dikatakan ujung tombak marketing hotel saat ini untuk memasarkan produk jasanya adalah e-commerce. Kalo dulu sebelum era digital saat ini pasti kita mengenal guide ya. Yang mempromosikan tempat wisata dan menunjukkan arah lokasi wisata dan hotel atau penginapan mana yg akan kita tuju.

Sekarang karena jamannya internet semua itu sudah diambil alih oleh internet, mau kemana aja gak takut tersesat karena ada ok google dan google maps. Reservasi apapun bisa dengan mudah bisa melalui hp kita.

Yang saya bahas disini adalah peran e-commerce hotel bahasa mudahnya e- commerce hotel pekerjaannya adalah mengatur harga kamar hotel, memposting harga di halaman ketmitraan( traveloka, booking com, dll) sehingga memudahkan produsen dalam hal ini pemilik hotel, konsumen yaitu tamu dalam bertransaksi kapanpun dan dimanapun diseluruh dunia. Informasi dapat diakses selama 24, itulah mengapa potensi yang diberikan e-commerce sangat menggiurkan.

Kalau di resort besar e-commerce tergabung dalam satu team sales marketing. Sementara di hotel kecil bintang 3 semacam cottages e-commerce lebih berat kerjaannya karena tidak ada team marketing jadi memasarkan produk murni dari online di internet .

Pemakaian sistem e-commerce untuk hotel sangat menguntungkan banyak pihak baik konsumen, produsen, dan penjual. Bagi pihak konsumen menggunakan e-commerce dapat menghemat waktu dan biaya. Bagi pihak hotel keuntungannya dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan pengirimam informasi. Proses transaksi yang begitu cepat juga dapat meningkatkan produktifitas perusahaan.

Didalam konsep ini juga informasi dan knowledge menjadi penentu sukses tidaknya para pelaku ekonomi melakukan aktifitasnya. Di dalam e-commerce yang paling penting adalah informasi, proses pertambahan nilai (value adding process) menjadi kunci terselenggaranya e-commerce.

Konsep ini dikuatkan dengan teori virtual value chain nya Michael Porter 1990

Proses pertambahan nilai diberlakukan melalui langkah-langkah proses seperti berikut:
1. Gathering
2. Organizing
3. Selecting
4. Synthesizing
5. Distributing

Implementasi e-commerce untuk layanan hotel online mencakup semua aspek dalam internal bisnis
Proses seperti data pegawai, data invrntaris hotel, gaji pegawai, pembayaran suplayer hotel serta kontrak rekanan. Dan yang terpenting dari tugas seorang e-commerce adalah memperkenalkan dan memasarkan produk jasanya melalui online

Sumber : Manajemen Marketing Perhotelan oleh Agung Permana Budi 2013

SITI MASYITOH

About Admin

Check Also

Via haibunda.com

Membuka Suara Menutup Mata pada Pornografi

Dunia digital, dengan akses yang makin luas terhadap berbagai informasi, memberi banyak kesempatan belajar, tetapi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *