Home / Hikmah Kehidupan / Nikmat Bersyukur

Nikmat Bersyukur

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum warahmatuallahi wabarakatuh

Puji syukur kepada Allah SWT, Rabb semesta alam yang senantiasa memberikan nikmat islam dan iman kepada kita. Shalawat dan salam senantiasa kita hadiahkan keada Nabi Muhammad SAW, semoga di yaumul masyar kelak mendapat syafa’atnya di. Aamminn YRA.

Baiklah dalam kesempatan ini, izin untuk menyampaikan kuslap.
Kuslap hari ini yaitu tentang nikmat bersyukur. Sudah bersyukur kah kita hari ini?

Dalam hidup setidaknya kita selalu bersyukur atas nikmat yang allah berikan kepada kita, baik nikmat jasmani maupun rohani. Dengan selalu bersyukur hidup kita menjadi tenang, damai dan bahagia. Pengertian syukur dan nikmat berasal dari bahasa Arab. Kata syukur berterima kasih, sedangkan kata nikmat artinya Pemberian, Anugrah, Enak, Lezat. Mensyukuri nikmat Allah SWT, maksudnya berterima kasih kepada-Nya dengan cara mengingat atau menyebut nikmat dan mengagungkan-Nya.

Nikmat yang bersifat jasmani yakni bentuk tubuh manusia yang paling baik diantara makhluk lainnya, panca indra, anggota badan, bumi langit, makanan dan minuman, nikmat yang bersifat rohani yakni roh, akal, perasaan, bahasa, ilmu pengetahuan, iman dan islam.
Firman Allah SWT:
Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya tidaklah dapat kamu menghitungnya (QS. Ibrahim : 34)

Karena itu Allah SWT, mewajibkan kepada setiap individu manusia untuk bersyukur kepada-Nya, Allah berfirman :
“Karena itu ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat pula kepada-Mu dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku” (QS. Al-Baqarah :152).

Cara mensyukuri nikmat Allah SWT secara umum, ialah dengan menggunakan segala nikmat Allah untuk hal-hal yang diridhoi-Nya, yakni untuk melakukan usaha-usaha agar memperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Misalnya seperti, seorang pelajar memperoleh anugrah Allah berupa kesehatan, kemampuan, dan kesempatan dianggap telah mensyukuri nikmat Allah apabila dia bersungguh-sungguh dan niat ikhlas untuk beribadah kepada Allah, disiplin dalam beribadah dan beramal sholeh, membiasakan diri dengan akhlak yang terpuji dan senantiasa memelihara diri untuk tidak melakukan perbuatan-perbuatan dosa, pelajar yang mensyukuri nikmat Allah SWT dengan cara seperti tersebut, sudah tentu akan memperoleh banyak hikmah antara lain memdapatkan nilai yang tinggi, menjadi lulusan terbaik dan disenangi oleh dosen dan teman-temannya.

Dalam hal ini Allah SWT menegaskan dalam firmannya :
Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhan-Mu memaklumkan : Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu ingkar maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (QS. Ibrahim : 7).

Manfaat bersyukur kepada Allah diantaranya:
* Ditambahkan nikmat
* Disayang Allah SWT
* Meningkatkan Iman
* Membuat hati tenang
* Dijanjikan syurga
* Mendapat kebaikan dari Allah
* Menimbulkan rasa bahagia
* Membuat hidup jauh lebih berkah
* Terhindar dari penyakit hati

Sebenarnya bersyukur kepada Allah Taala masih memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Bersyukur bisa mempermudah datanganya kesuksesan, membangkitkan semangat, hidup menjadi lebih produktif, dan kepercayaan diri pun juga bertambah. Maka itu perbanyaklah bersyukur yaa.

Terkadang kita menganggap bahwa hidup kita yang paling menyedihkan, padahal nyatanya banyak orang-orang yang hidupnya lebih susah dari kita. Kita harus percaya dengan Allah Taala bahwa apa yang kita miliki sekarang adalah takdirnya dan itu pasti yang terbaik untuk kita. Sebagaimana firman Allah Taala dalam Al-Quran:
Diwajibkan atas kamu berperang, Padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. boleh Jadi kamu membenci sesuatu, Padahal ia Amat baik bagimu, dan boleh Jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, Padahal ia Amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (QS. Al Baqarah: 216).

Sebagai manusia sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu bersyukur kepada Allah Taala. Yakni berterimakasih atas segala nikmat yang telah kita peroleh. Untuk cara bersyukur menurut islam bisa dilakukan dengan perbuatan, lisan ataupun qolbu. Dengan memperbanyak rasa syukur maka insyaAllah kenikmatan dan pahala akan berlipat ganda.

Demikianlah kulsap dari saya, semoga bermanfaat untuk kita semua. Wassalamualaikum warahmatuallahi wabarakatuh.

Winda arliza

About Admin

Check Also

Via Remajaislmahebat.wordpress.com

Menyiapkan anak memasuki masa dewasa

Assalamu’alaykum wr wb, Beberapa waktu lalu tak sengaja melihat postingan ustadz Moh Fauzil Adhim di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *