Home / Pengetahuan Umum / Palestina

Palestina

Assalamu’alaykum.. Holla teman teman mjr sjs.. semoga tetep dalam lindungan Allah yaa..

Baik, dikesempatan ini saya mau ajak temen temen flashback sejarah seputar Palestina..

11-05-23-th

Enjooy

Setelah Perang Dunia 1 berakhir di 11 Nov 1918 dinyatakanlah bahwa Inggris dan Prancis sebagai pemenangnya. Maka, mereka pun segera menjalankan mandat kesepakatan pembagian wilayah kekuasaan.

Yakni terhadap wilayah bekas kekuasaan Ottoman (Kekuasaan Turki Ustmaniyah yang sempet mati-matian belain palestina – yang dipimpin Sultan Abdul Hamid II)

Fyi, sebelumnya mandat ini sudah ada di perjanjian mereka yang disepakati di bulan Maret 1916 yang kemudian ditandatangani di bulan Mei 1916, nama perjanjiannya:

Sykes-Picot 1916

Dengan adanya perjanjian ini, tentu memunculkan kesepakatan baru yaitu “Wilayah Palestina diberikan kepada Federasi Zionis”.

Ini lah cikal bakal negoisasi, diplomasi dan “roadshow” pencarian dukungan terhadap sebuah ide: PENDIRIAN NEGARA BAGI KAUM YAHUDI yang ternyata udah direncanain dari zaman baheula, yakni dimulai tahun 1896 oleh Dr. Herzl.

Di dokumen yang dikeluarkan tahun 1917, Inggris melalui Menteri LN nya saat itu; Athur James Balfour bilang kalau mereka sangat mendukung pembentukan negara Yahudi di tanah Palestina kepada Federasi Zionis Yahudi

(INI ARTINYA YAHUDI UDAH DIJANJIIN)

Tahun 1918, Jendral Allenby dari Inggris udah berhasil menduduki wilayah Palestina, ini bersamaan sama proses runtuhnya kekuasaan Turki Utsmaniyah di tahun 1924 teman teman. Dan kemudian digantikan Oleh seorang nasionalisme Turki Muda “Mustafa Kemal Pasha

Sebelumnya emang Palestina udah dijanjiin banget (ga pake php) bakal jadi “rumah” buat Yahudi ditahun 1917. Ditahun ini lah nasib wilayah Timur Arab Mediterania menjadi basis konflik abadi dan wajah antagonisme yang tak henti bahkan sampe sekarang. :'(

Trus, kalau kita ngulik sedikit data sejarah dari macem macem sumber, saat Inggris udah benar benar masuk ke Palestina di tahun 1918.

Jumlah penduduk Palestina sekitar 665 ribu jiwa, 550 ribu muslim, 60 ribu Nasrani, 55 ribu Yahudi”.

Tahun 1919, secara resmi, mandat atas Palestina diberikan oleh Liga Bangsa-Bangsa (LBB).

Fyi, setelah bertransformasi LBB berubah jadi PBB tahun 1947.

Mandat ini tu namanya Mandat Britania (Cateeeeeettt)

Sejak itu juga eksodus bangsa Yahudi dari penjuru dunia (orang yang meninggalkan kota/negeri asalnya secara besar-besaran) mulai meningkat ke Palestina, terutama di era PD II.

Jadi kalo di itung itung nih, dari 1919 sampe 1948 jumlah orang Yahudi di Palestina udah berjumlah 483 ribu.. padalah awalnya cuma 55 ribu… wow

Artinya selama 29 tahun, penduduk yahudi bertambah sebanyak 423 ribu.

Kebayang ga tuuhh??

11-04-20-th

Kondisi wilayah Palestina Yang sekarang hampir seluruhnya diambil Oleh Yahudi.

PD II yang dimulai 1 September 1939, saat Jerman melakukan invasi besar besaran ke wilayah Polandia. Dua hari kemudian Blok sekutu (Inggris dan Prancis) menyatakan Perang terhadap Jerman. Saat inilah Nazi-Hitler berkuasa di Jerman yang notabene nya mereka itu suka melakukan pembantaian terhadap kaum Yahudi.

Nah, makin meningkatlah konflik Internal di Palestina.

Di tahun 1896 mulai dibahas pembentukan negara Yahudi karena selama 2000 tahun Yahudi hanya jadi imigran. Ada 3 negara kandidat yang ingin dijadikan sebagai tempat. salah satunya Palestina.

Alasan dipilihnya Palestina karena di situ ada kaum Yahudi ortodox yang memegang teguh Yahudi selama bertahun-tahuns bisa menjadi basis negara baru Yahudi.

Segitu dulu ya.. kapan kapan kita sambung lagi.

Semoga kita tetep KEPO sama Palestina..

Makasih sudah menyimakkkk Tulisan singkat ini. Semoga menambah kecintaan Kita pada tanah Suci para syuhada Palestina Dan mengapa Kita harus memberi perhatian Kita pada Palestina.

Barakallahu fiikum

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabatakatuh

(I love Palestina)

Nori handayani

About Admin

Check Also

Puisi

Bismillahirrahmanirrahim.. Hujan Bulan Juni tak ada yang lebih tabah dari hujan bulan Juni dirahasiakannya rintik ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *