Home / Pengetahuan Umum / Peluang Menulis Novel Online

Peluang Menulis Novel Online

20-44-12-th

Saya sedikit sharing terkait salah satu materi yang cukup menarik untuk dikerjakan teman-teman yang mungkin sedang luang, ingin berbagi, ingin menyalurkan hobi dan bakat, menebar manfaat, ingin penghasilan tambahan atau sekedar menginginkan kesibukan lain di tengah rutinitas. ^^

Materi ini terinsiprasi dari yang disampaikan mba Siti Nur Banin, beliau adalah owner Rumah Ipus di Bojonegoro yang merupakan salah satu pengisi di sharing session kewirausahaan kami.

Peluang penghasilan tambahan dengan Menulis Novel Online. Buku yang pernah beliau tulis secara online, seperti “After Death” dan “Kumpulan Cerpen menang Lomba.”

Ini termasuk prospek menjanjikan mengingat ebook/membaca di web/mobile app adalah literasi saat ini dan masih mungkin di masa depan.

Dilansir dari kwikku novel ini Benefit yang bisa didapatkan dengan melakukan publishing di platform kepenulisan online.

• Komunitas

Platform publishing novel online memiliki sistem sosial media yang memungkinkan penulis untuk terhubung dengan berbagai Penulis dan Publishing House

• Terstruktur

Tampilan yang bersih dan terstruktur, membuat setiap karya tulisan dapat dinikmati dengan mudah oleh Pembaca

• Bebas Berekspresi

Memungkinkan adanya penambahan Video, Gambar atau GIF kedalam tulisan sehingga membantu pembaca terbawa ke dalam tulisan penulis

• Selamanya

Tulisan penulis akan tetap terbit selamanya tanpa batasan hari, bulan atau tahun

• Dimana Saja

Jangkauan pembaca dari seluruh Indonesia tanpa batas

• Peluang

Peluang untuk dibukukan dan difilmkan akan semakin lebih besar.

Untuk Mba Banin sendiri yang kegiatan menulis ini termasuk baru ia lakukan dengan memulai sejak bulan Februari 2020, dan sampai agustus kemarin sudah mendapatkan penghasilan berkisar 8 juta-an. Saat ini banyak platform baca tulis novel secara online yang bermunculan, seperti Mangatoon, Kwikku, Dreame, Webnovel, Joy, Wattpad, Storial.co, dan NovelMe.

Bagaimana cara menjadi penulis di platform tersebut?

Teman-teman bisa mencari informasi sendiri di internet. Keunggulan menulis novel di platform online adalah penyedia/wadah baca-tulis novel online sedang menjamur, prosedur lebih simpel, dapat menghasilkan rupiah, dan merupakan media personal branding yang berkelanjutan.

Beberapa trik menurut Mbak Banin agar menulis novel online agar menghasilkan adalah:

1. Pelajari dasar-dasar dari beberapa platform;

2. Tentukan platform tujuan;

3. Deep observation pada platform tujuan;

4. Mulai tentukan jenis/genre tulisan;

5. Mulai menulis;

6. Konsisten menulis;

7. Konsisten promosi; dan

8. Monetize.

Sebagai penulis di platform online harus pintar dalam melihat pasar seperti tulisan apakah yang laris diminati. Jika calon penulis tetap mempertahankan idealisme genre tulisannya, tetapi salah memasuki platform, hal ini biasanya tidak akan laris dibaca. Menurut Mbak Banin, sebaiknya fokus pada pasar bukan terhadap produk tulisan yang ditulis. Tapi ada baiknya apa yang kita tulis juga bermanfaat bagi orang lain.

Mulkiah

About Admin

Check Also

Sejarah Kopi Di Indonesia

SEJARAH KOPI DI INDONESIA Banyak orang menyangka kopi adalah komoditi asli Indonesia. Padahal kopi bukan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *