Home / Bedah Buku / Tolong menolong dalam kebaikan dan taqwa

Tolong menolong dalam kebaikan dan taqwa

image tolong menolong
via student-activity.binus.ac.id

Dikutip dari buku Syarah Riyadhush Shalihin (Jilid 1) karya Syaikh Salim bin ‘Ied Al-Hilali.

Pembahasan untuk bab ini akan dibahas dengan hadits:

Dari Abdur Zaid bin Khalid Al-Juhani Ra. Dia bercerita, Rasulullah pernah bersabda: “Barangsiapa yang menyediakan bekal bagi orang yang berperang di Jalan Allah berarti dia telah ikut berperang. Dan barangsiapa yang memberikan nafkah kepada keluarga orang yang berperang dengan kebaikan, berarti dia telah ikut berperang.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Siapa saja yang menolong seorang muslim untuk berjihad dengan mempersiapkan segala yang dibutuhkannya dalam perjalanan atau dengan mencukupi kebutuhan keluarganya selama kepergiannya, maka baginya pahala seperti pahala yang diperoleh orang yang berjihad tersebut. Dan masyarakat muslim itu hidup saling menjamin dan tolong menolong untuk berbuat kebajikan dan ketaqwaan.

Dari Abu Sa’id al-Khudri Ra. Bahwa Rasulullah pernah mengirim utusan kepada Bani lahyan dari suku hudzail, lalu beliau bersabda: ” hendaklah ada seseorang dari setiap dua orang ( untuk berangkat dan yang lain menetap) dan pahalanya dibagi untuk keduanya”. ( HR. Muslim )

Sebaiknya tidak semua orang dalam Kabilah itu berangkat perang, tetapi sebagiannya saja, bagi orang-orang yang menetap pun mendapatkan pahala yang sama seperti orang-orang yang berangkat perang, jika mereka berbuat baik terhadap keluarga yang ditinggalkan serta memberikan nafkah Kepada mereka.

Dari penjalasan hadist di atas dapat diambil intinya bahwa, sebagai umat muslim kita wajib tolong menolong sesuai kemampuan atau kesanggupan. Bisa itu dalam bentuk tenaga, harta, kerjasama, menjamin keamanan/rasa tentram terhadap sesama muslim sehingga dapat menghasilkan masyarakat muslim yang kokoh akhlaknya, kuat persaudaraannya dan bertawaqal kepada Allah Subhanahu wa taala. Aamiin

Adi Oklanda

About Admin

Check Also

zero to hero

Zero to Hero

Barangsiapa mengenal dirinya, maka sungguh dia akan mengenal Tuhannya {Ali bin Abi Thalib ra}. Sepenggal ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *