Home / Dakwah / merugilah kalian bila lupa berdoa

merugilah kalian bila lupa berdoa

image berdoa
Via Republika.co.id

Bismillahirrohmanirrohim

Merugilah Bila Kalian Lupa Berdoa

“Aku khawatir apabila doaku dikabulkan atau tidak, yang aku khawatirkan adalah aku lupa berdoa” (Sayyidina Umar Bin Khattab)

Makna ibadah secara keseluruhan adalah berdoa.. karena doa bagian dari ibadah..

“Rasulullah SAW bersabda doa adalah ibadah.” (HR. Tirmidzi)

Dalam hadits di atas dimaknai seluruh ibadah yang disyariatkan hakikatnya adalah doa. Baik sholat, puasa, zakat dll.

Menjalankan ibadah syariat akan menjadi bermakna bila di dalamnya mengandur unsur doa yakni dalam menjalankannya hati memunculkan pengharapan kepada Allah SWT.

Sangat disayangkan apabila ibadah hanya dijalankan hanya sekedar penunaian kewajiban dan beban.

Allah SWT berfirman dalam Al Quran surat Al Mukmin ayat 60 yang artinya “Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Aku kabulkan bagimu”

Dalam ayat ini menegaskan bahwa Allah memerintahkan umatnya untuk berdoa. Doa dipanjatkan bukan hanya karena merasa sedang ada kebutuhan atau tidak. Melainkan ia (doa) mutlak harus dilakukan.

Kemudian dalam ucapan Sayyidina Umar tersebut terdapat pesan yang amat dalam. Bahwasannya kalau lisan dan hati berhasil seirama dalam memanjatkan doa. Allah memudahkan kita untuk melakukannya maka berarti sebenarnya Allah telah mempersiapkan pengabulannya..

Semangatt berdoa kapan pun dan dimana pun. terutama di waktu mustajab.. contohnya hari jumat ini diwaktu bada ashar.. perbanyak sholawat dan dzikir juga..

 

Terimakasih.

Risma C Diana

About Admin

Check Also

Keajaiban Niat

Bismillaahirrohmaanirrohiim Assalamualaykum warohmatullahi wabarokatuh.. Semoga teman-teman MJR sehat dan bahagia selalu, pun Allah senantiasa merahmati ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *