Home / Pengetahuan Umum / ARGAN OIL

ARGAN OIL

Argan Oil

Fia Luthfiyatul HI.

Argan (Argania spinosa) adalah tumbuhan endemik yang berasal dari barat daya Maroko, memiliki daun yang kecil dan selalu hijau, bunga kuning kehijauan, buahnya hijau kekuningan hingga coklat, bentuknya bulat-oval, bergetah, memiliki daging buah yang menutupi biji. Bijinya dapat diekstrak menjadi minyak. Minyak argan berwana kuning emas dan beraroma harum.

Sejak zaman dahulu minyak argan digunakan untuk kesehatan dan kecantikan karena kaya akan vitamin E, antioksidan dan asam lemak tak jenuh. Sama seperti minyak zaitun, minyak argan dapat dicampur dengan makanan seperti roti, pasta dan salad.

Bila diaplikasikan pada kulit dapat melembabkan (kulit dan bibir), tidak menyebabkan iritasi kulit, kandungan antioksidannya dapat menghilangkan jerawat, kerutan, menghilangkan stretchmark bahkan menyembuhkan bisul.

Di beberapa salon wanita dan produk kosmetik rambut minyak argan ini juga untuk mengembalikan warna alami rambut, mengatasi rambut bercabang juga menghilangkan ketombe.

Sumber :

Orwa et al.2009. Argania spinosa. Agroforestry Database 4.0

Taribak et al. 2013. Quality of Cosmetic Argan Oil Extracted by Supercritical Fluid Extraction from Argania spinosa L. Journal of Chemistry. Hindawi Publishing Corporation

About Admin

Check Also

images Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan IQ dan EQ

Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan IQ dan EQ

Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan IQ dan EQ Tidak dapat dipungkiri bahwa orang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *