Home / Dakwah / Futur

Futur

image futur
Via bimbinganislam.com

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh Bismillah… Alhamdulillah Semoga dalam keadaan sehat dan bahagia ???? Izin ngulsap awal bulan yang penuh targetan ^^ Futur secara bahasa adalah rasa malas atau laziness. Lebih spesifiknya dalam lisanul arab, futur adalah rasa malas yang muncul setelah kamu lagi rajin-rajinnya. Siapa saja yang terserang futur? Siapa saja bisa, kapan pun dan di mana pun. Hati-hati. Kenapa? Berikut beberapa alasan yang mungkin terjadi,

  1. Hilangnya Alasan

Kita kerja karena biar dapet uang, maka ketika nggak dapet uang, apakah kita masih kerja ?? tentu kita bakalan males dan akhirnya berhenti kerja. Sama kaya belajar agama dan belajar yang lainya. Kita semua pasti punya alasan kenapa melakukan sesuatu dan kalau alasan itu hilang maka kita malas dan bahkan berhenti melakukan sesuatu itu. Nah futur itu terjadi karena hilangnya alasan untuk melakukan sesuatu.

  1. Godaan

Godaan bisa datang disekitar kita, misal mau puasa senin-kamis ternyata besoknya ada diskon makanan,

  1. Kurangnya tekad

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Ustsaim pernah ditanya, kenapa orang menjadi futur, lalu beliau menjawabDhaful Himmahatau tekad yang lemah Sebagai contoh, kita semua tau kalau alasan olahraga itu biar sehat, tapi meskipun sudah punya alasan yang kuat untuk olahraga.. terkadang kita tetep aja bisa futur karena kurangnya tekad..

  1. Cara bekerja yang salah

keFuturan terjadi ketika kita bosan terhadap sebuah proses. Terlebih kalau proses yang kita jalani cuma gitu-gitu aja nggak ada asik-asiknya.. karena kita kurang kreatif dalam menciptakan sebuah proses, akhirnya kita bosan dan endingnya menjadi Futur. Bagaimana cara mengatasinya?

  1. Buat tujuan dan alasan yang jelas

Sesungguhnya segala amalan itu tidak lain tergantung pada niat; dan sesungguhnya tiap-tiap orang tidak lain (akan memperoleh balasan dari) apa yang diniatkannya. Barangsiapa hijrahnya menuju (keridhaan) Allah dan rasul-Nya, maka hijrahnya itu ke arah (keridhaan) Allah dan rasul-Nya.., -HR Bukhari-

  1. Jauhi Godaan

Jauhilah zina, karena sesungguhnya zina adalah perbuatan yang keji dan buruk -Al Isra 32-

  1. Perbulat Tekad

Meski kita sudah memiliki tujuan yang jelas, kreatif, dan menjauhi godaan.. tapi tidak memiliki tekad, kita tetap akan futur. Tekad adalah kunci utama yang menjauhkan kita dari Futur.. Tekad diperbulat dan diperkuat dengan banyak memotivasi diri sendiri, banyak baca referensi yang bisa mengembalikan semangat kita, dan juga dari dukungan lingkungan luar.. berteman dengan orang-orang yang mendukung kita juga salah satu cara untuk menguatkan tekad kita.

  1. Perbaiki cara belajar

Bosan adalah salah satu penyebab utama dari Futur, dan bosan bisa kita atasi dengan menyesuaikan cara belajar yang tepat dan juga mencoba hal baru. Misalkan biasanya kita belajar agama cuma dengan baca buku di rumah, dan akhirnya kita bosen karena cuma gitu-gitu aja.. kita bisa coba hal baru dengan misalnya nonton video agama, atau baca buku di tempat lain selain di rumah.. atau kalian ngadain acaracampingagama bareng.

  1. Bersabar

Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini -Al Kahfi 28 Hanya ada 2 jalan ketika kita futur, yaitu menjadi Kufur atau bangkit membangunbright future. Awal bulan saat yang pas untuk menyusun kembali targetan, semoga selalu dimudahkan dan diperlancar segala urusannya. Aamiin ….. Adelina efriyanti

About Admin

Check Also

Via diandandunia.net

Misi Hidup

Alkisah, ada seorang raja yang menugaskan seorang menterinya untuk pergi ke sebuah kota dalam situasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *