Home / Pengetahuan Umum / PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

Menjadi guru profesional tidak mudah , ada beberapa hal yang harus dilakukan , selain menambah pengalaman mengajar dan mengajar, calon guru profesional dituntut untuk membuat PTK. Apa itu PTK? PTK yaitu singkatan dari Penelitian tindakan kelas. PTK adalah sebuah penelitian yang dikembangkan bersama antara peneliti dan kolaborator di kelas.
Menurut suharsimi arikunto (2008: 16) PTK merupakan Kegiatan pemecahan masalah dimulai dari perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengumpulan data (observing), menganalisis data atau informasi untuk memutuskan sejauh mana kelebihan dan kelemahan tindakan tersebut (reflecting).

Penelitian tindakan ditandai dengan adanya perbaikan secara terus menerus sehingga tercapai sasaran dari penelitian tersebut yang dilakukan pada setiap siklus.

Nah untuk penerapannya di sekolah, sebelum tahap pelaksanaan kita lakukan, kita harus menyiapkan perangkat pembelajaran terlebih dulu atau disebut tahap perencanaan.
Perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Media pembelajaran, Instrumen Penilaian, Bahan Ajar/materi, dan LKPD (lembar kerja peserta didik).
Yang kedua tahap pelaksanaan , semua yang sudah kita persiapkan di tahap perencanaan akan kita lakukan sesuai yang direncanakan.
Yang ketiga pengambilan data.
Yang terakhir refleksi, merefleksi pembelajaran yang sudah dilakukan yang kurang apa, yang menjadi kelebihan pembelajaran apa kemudian akan diperbaiki pada siklus berikutnya.

Anik rochimah

About Admin

Check Also

Pusat Penelitian Biologi LIPI

Pusat Penelitian Biologi LIPI Pusat Penelitian Biologi LIPI terletak di Cibinong, Bogor, Jawa Barat ( ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *