Home / Pengetahuan Umum / Profil Lapisan Tanah

Profil Lapisan Tanah

Profil Lapisan Tanah

Secara umum, ada 5 buah profil Lapisan tanah, biasanya disebut horizon yaitu O, A, B, C, R

O
Horizon ini merupakan lapisan tanah yg sering kita lihat selama ini: hitam, merah, coklat dll. Ya, apa yg kita injak, itu lah tanah. Lapisan ini ditandai oleh aktivitas makhluk hidup semisal akar tumbuhan dan cacing.

A
Merupakan lapisan yg sudah mulai tidak ada aktivitas makhluk hidup. Dicirikan oleh tanah dgn butir mineral yg relatif halus akibat penyucian/ leaching oleh air. Pada pembentukan Nikel (Ni) disebut limonite.

B
Disebut juga lapisan akumulasi. Pada lapisan ini banyak ditemukan akumulasi mineral ekonomis hasil penyucian/ leaching pada horizon A. Pada sistem pembentukan Nikel (Ni) lapisan ini disebut saprolite.

C
Disebut juga lapisan transisi. Pada lapisan ini banyak ditemukan tanah hasil pelapukan batuan dasar namun belum semuanya menjadi tanah, masih ditemukan batuan dasarnya. Pelapukan terjadi karena faktor air dari horizon sebelumnya.

R
Disebut juga batuan induk or bedrock. Lapisan ini dipenuhi batuan yg kompak dan padat. Umumnya metamorphic rocks. Batuan ini kadang tersingkap di lereng gunung or dasar lembah.
Cukup demikian…

Semoga bermanfaat…
BarakAllah fii kum

Muhammad Fawzy Ismullah Massinai

About Admin

Check Also

Pusat Penelitian Biologi LIPI

Pusat Penelitian Biologi LIPI Pusat Penelitian Biologi LIPI terletak di Cibinong, Bogor, Jawa Barat ( ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *