Breaking News
Home / Pengetahuan Umum / Menuntut Ilmu

Menuntut Ilmu

menuntut ilmu
via https://adefahrizal24.files.wordpress.com

Ini sedikit berbagi pemikiran saya. Saya terpikir MAKSIMAL/ TOTALITAS seseorang dalam menuntut ilmu sejauh ini disamping keseriusan dlm belajar juga hal lain yaitu sampai profesor, karena formalitas jenjang pendidikan saat ini yg saya tau terakhir adalah profesor, sehingga itu saya tdk hbs pikir study ini akan terus berlanjut sampai akhir/ maksimal yaitu profesor, karena saya jadi berpikir maksimal atau totalitas itu sampai pada titik profesor tersebut walaupun kita tau pendidikan itu sepanjang hayat, Utk itu bahkan setelah profesor pun saya akan terus belajar hingga akhir hayat, dan tentunya janganlupa ilmu agama yang utama juga d isi minimal sekali seminggu bersama lingkaran tarbiyah (pendidikan). Dan saya juga berdoa semoga yaga berada disini (odoj miti) bisa menjadi profesor-profesor muslim yang akan membawa perubahan ke arah lebih baik dimasa yang akan datang, Aamiin.

Allāh Subhānahu wa Ta’ālā akan mengangkat orang-orang yang beriman dan berilmu beberapa derajat di atas yang lain. Sebagaimana firman Allāh Subhānahu wa Ta’ālā dalam Surat Al-Mujadalah ayat 11:

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ‏

“…Allāh akan mengangkat orang-orang yang beriman diantara kalian dan org2 d beri ilmu beberapa derajat.”

Orang yang beriman adalah orang yang sangat mulia diatas yang lain, dibanding yang tidak beriman, namun diantara orang yang beriman ini ada yang lebih tinggi lagi derajatnya.

Siapakah mereka? Mereka adalah orang-orang yang dikaruniai ilmu oleh Allāh Subhānahu wa Ta’ālā. Mereka akan diangkat lebih tinggi lagi beberapa derajat, baik didunia maupun diakhirat, tp tentunya org tsb sudah beriman juga bukan berilmu saja. Orang yang menuntut ilmu sebenarnya adalah orang yang sedang dimudahkan atau akan dimudahkan oleh Allāh Subhānahu wa Ta’ālā untuk meniti jalan menuju surga.

Diriwayatkan oleh Al-Imam Muslim, Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam bersabda:

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang meniti jalan untuk menuntut ilmu maka Allāh akan mudahkan dia meniti jalan untuk menuju surga.”

Orang yang meniti jalan dalam hadis ini bisa dimaknai meniti jalan secara fisik maupun meniti jalan secara maknawi. Kita mungkin duduk dirumah, namun kita menggunakan sarana-sarana seperti internet, HP, kaset dan lain-lain untuk belajar ilmu maka in syaa Allāh itu juga termasuk meniti jalan maknawi, apalagi sampai dia pergi Ke tempat majlis ilmu/majlis ta’lim, kampus, masjid, pesantren dan seterusnya, maka sebenarnya dia sedang meniti jalan menuju ke surga dimana Allāh akan mudahkan baginya meniti jalan kebenaran yang akan menyampaikan dia ke dalam surga Allāh Subhānahu wa Ta’ālā. Semoga Allāh Subhānahu wa Ta’ālā menjadikan kita semua termasuk orang-orang yang meniti jalan surga dan memberikan keikhlashan kepada kita dalam berucap dan beramal.

بِاللهِ التَوْفِيْقْ وَالْهِدَايَةِ
وَصَلَّى اللّهُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِهِ وَ صَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ

Terakhir saya ingin menyampaikan, marilah kita mengikhlaskan niat kita untuk beribadah kepada Allāh semata dengan melalui thalabul ‘ilmi dan belajar dengan ikhlash dan sungguh-sungguh. Mudah-mudahan kita semua dimudahkan untuk meniti jalan menuju surga dan dimudahkan untuk menjadi para ulama dan orang-orang yang mengamalkan ilmu mereka karena Allāh semata.

Terima kasih. Inilah kulsap yang bisa saya sampaikan dalam pertemuan kali ini. Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada salah kata.

~ Ryo G Tumanggor, S.Pd

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

Mr. Sjafruddin Prawiranegara dan PDRI

Pada tanggal 19 Desember 1948 telah terjadi kevakuman pemerintah setelah Presiden Soekarno dan Wakilnya Moh ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *