Home / Bedah Buku / Bedah Buku: Champion

Bedah Buku: Champion

Bedah Buku: Champion

09-28-23-Champion.jpg.cf

Buku ini saya beli tahun lalu di gramedia. Sebenernya tidak terpikir mau membeli buku tersebut karena covernya burung elang dan biasanya saya kalo beli buku suka cari yang covernya unyu-unyu. Tapi karena kemarin lagi dapet diskon potongan berapa gitu kalo belanja buku Elex Media min. 200k jadi akhirnya beli gitu biar genap 200k. sebenarnya ga penting sih. Buku ini ditulis oleh Darmadi Darmawangsa, seorang motivator. Beliau meraih gelar masternya di MIT jurusan teknik sipil. Sekarang menjadi presiden termuda di AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia). Buku dengan 368 halaman ini berisi 101 tip motivasi dan inspirasi menjadi juara sejati. Awalnya pas baca cover nya sih mikirnya biasa saja, namun saat di baca isi nya ternyata buku ini super duper keren. Bisa di ibaratkan buku ini seperti rangkuman motivasi dari buku-buku motivasi yang ada. Seakan-akan seperti seluruh buku motivasi itu di jadiin satu di buku ini.

Walau begitu, buku ini bukanlah buku yang di tujukan untuk memberikan 101 macam amunisi untuk terus termotivasi, buku ini bukanlah sekadar buku pengetahuan (book of knowledge) melainkan sebuah buku tindakan (book of action). Sejumlah 101 pelajaran berharga di buku ini bukan diperuntukkan untuk dibaca semata, tetapi dipraktikkan dan direnungkan dalam kehidupan kita. Tujuannya agar kita dapat melakukan transformasi total menjadi manusia bermental juara. Buku ini bukanlah buku yang bertujuan menjadikan seseorang mampu melebihi prestasi orang lain, yang tentunya merupakan sebuah prestasi yang hebat. Namun buku ini lebih di peruntukkan bagi mereka yang ingin menjadi lebih baik lagi dibandingkan kehidupan mereka sebelumnya.

Citra diri (self-esteem) yang sehat dan kuat adalah fondasi penentu keberhasilan seseorang yang berjiwa juara dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. sebelum menyelami 101 tips tersebut, Darmawadi mengajak para pembacanya untuk menggali citra diri postif dari dalam diri masing-masing. Ia memberikan 7 langkah dahsyat utk melipatgandakan citra diri yang positif di antaranya :

Step 1 : Examine Your True Value
“The world is your mirror and it reflects back your attitude towards him”
Masih banyak orang yang merasa dirinya tidak istimewa. Namun yakinilah, diri anda bahwa anda adalah unik sebagai hasil karya yang agung dari sang pencipta. Ingat bahwa Tuhan tidak pernah menciptakan sesuatu yang biasa-biasa aja. Semua penciptaannya adalah masterpiece. Ingat bahwa kita harus menjadi pengangum setia diri kita sendiri, pendukung loyal untuk mendorong diri kita manakala kita tidak bersemangat. Satu-satunya orang yang paling efektif untuk membangun citra diri kita adalah kita sendiri. Tampillah tiap hari dengan tampilan terbaik, hargai dan kagumi diri anda sendiri, maka orang lain akan melakukan hal yang sama pada anda.

Step 2 : Do not Compare to Others
Ketika seseorang membandingkan dirinya dengan oranglain, satu hal yang pasti adalah ia tidak akan menemukan perbandingan yang sama. ketika ia menemukan orang lain yg lebih rendah darinya, timbul sikap angkuh dan sombong serta cepat puas. Sebaliknya ketika ia menemukan dirinya jauh lebih rendah, ia akan merasa inferior (rendah diri) sehingga tidak mampu memaksimalkan potensi terbaik dari dirinya. Patut kita ingat bahwa konsep kesuksesan bukanlah membandingkan prestasi kita dengan oranglain, melainkan membandingkannya dengan pencapaian kita sendiri sebelumnya. Kebenaran sukses adalah melakukan (do) yang terbaik setiap hari bukannya semata-mata menjadi (be) yang terbaik/terhebat/terkaya/tercepat dalam hidup ini.

Step 3 : Re-Programming Your Mind
Setiap prestasi yang kita raih adalah hasil dari pikiran dan tindakan masa lalu. Jika kita menginginkan hasil yang berbeda, kita perlu mengubah pikiran dan tindakan mulai saat ini.

Step 4 : Creating Positive Environment
Kitalah yang memilih di lingkungan mana kita ingin berada, bukan sebaliknya. Namun nyatanya masih banyak orang yang ‘terdampar’ di lingkungan yang tidak dihendaki dan selalu merasa berperan sebagai ‘korban’ lingkungan. Ada kalanya kita bertemu orang-orang yang mengkritik dan menjatuhkan mental kita. Kita tidak perlu memusuhi mereka, namun satu hal yang harus kita lakukan, yaitu tidak menyerap kritik negatif dan pedas itu. Ingatlah bahwa semua hal yg terjadi di dunia ini bergantung pada bagaimana kita memberi arti kepadanya. Eleanor Roosevelt bilang, tidak seorang pun yang mampu membuat kita rendah diri tanpa seizin kita.

Step 5 : Remember your Past Success
Temukanlah kesuksesan masa lalu kita, tidak peduli besar atau kecil, tetapi sesuatu yang dapat membuat kita bangga dan gunakanlah kesuksesan ini sebagai batu lompatan untuk meraih kesuksesan berikutnya. Ciptakan positive self-talk dalam diri kita ketika ingin meraih sesuatu.

Step 6 : Talk positive to yourself
Brian Tracy, pakar pengembangan diri dunia, pernah berkata bahwa setiap orang sukses selalu memakai positive self-talk untuk memotivasi diri mereka mencapai puncak kesuksesan.

Step 7 : Action, Action, Action
Kita tidak akan memiliki self esteem yang tinggi jika kita hanya menjadi penonton di pinggir lapangan dan menghindar dari setiap tantangan yang diberikan hidup ini kepada kita. Tidak cukup dengan mengatakan ‘saya bisa’, tanpa mengambil tindakan, rasa percaya diri tsb akan surut. So marilah beraksi.

Sekian bedah buku dari Debby, maaf kepanjangan huhu. Lebih dan kurang mohon di maafkan,

wassalamualaikum wr wb
Debby Zalina

About Admin

Check Also

Percepatan Rejeki Dalam 40 Hari

Bedah buku berjudul Percepatan Rezeki Dalam 40 Hari Dengan Otak Kanan.karya Ippho santosa(pakar otak kanan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *