Home / Hikmah Kehidupan / Memerangi HOAX dengan Cerdas

Memerangi HOAX dengan Cerdas

Memerangi HOAX dengan Cerdas

Bismillah..
Assallamallaikum warahmatullahi wabarakatuh…

Saya akan membawakan materi kulsap tentang “Bagaimana cara memerangi Hoax dengan cerdas”. Hampir semua hoax ada di berbagai media sosial dan dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan yang selalu menyebar kebencian. Hoax juga dapat merusak tatanan masyarakat yang beradab memecah belah persatuan dan persaudaraan dalam sendi-sendi kehidupan.

20-50-53-hoaks.jpg.cf

Di era zaman digital persebaran informasi hampir tidak terbendung dari hal terkecil sampai yang paling kompleks. Menyebarkan atau memberikan informasi buruk di internet bisa terancam pidana pasal 310 KUHP dan undang-undang ITE. Cek dulu informasi yang ingin di sebarkan, apa dapat merugikan orang lain dan jangan sampai bersinggungan dengan hukum.

Menyebarnya hoax atau berita palsu di internet sebenarnya bukan problema yg hanya terjadi di Indonesia. Bahkan Amerika Serikat sekalipun mengalami masalah serius terkait penyebaran hoax di media sosial terutama facebook dan twitter.

Tips dari saya untuk tidak menyebarkan hoax adalah:
1. Hati-hati dengan judul provokatif. Biasanya berita hoax menggunakan judul sensasional yang provikatif. Isinya pun bisa di ambil dari berita resmi hanya saja di ubah-ubah agar menimbulkan persepsi yang sesuai dengan kehendak sang pembuat berita palsu.
2. Cermati alamat situs. Menurut catatan dewan pers. di Indonesia terdapat 43.000 situs di Indonesia yang mengklaim sebagai portal berita. Dari jumlah itu, yang sudah terverifikasi sebagai situs berita resmi tak sampai 300. Artinya terdapat setidaknya puluhan ribu situs yang berpotensi menyebarkan berita palsu di internet yang mesti di waspadai.
3. Periksa Fakta. Perhatikan dari mana sumber berita berasal apakah dari institusi resmi seperti KPK atau POLRI? Perhatikan keberimbangan sumber berita. Jika hanya ada satu sumber , pembaca tidak akan mendapatkan gambaran yang utuh.
4. Sebarkan informasi dengan utuh. Biasa juga para penyebar kebencian menyebarkan hoax dengan potongan video, konten foto, dan teks yang sudah di manipulasi. Dan untuk mencari keaslian potongan video, konten foto dan teks yang sdah di manipulasi adalah dengan mengecek kembali di google yakni dengan melakukan drag-and-drop ke kolom pencarian google images. Hasil pencarian akan menyajikan gambar-gambar serupa yang terdapat di internet sehingga bisa di bandingkan.

Itulah tip dari saya tentang “memerangi hoax dengan cerdas” mungkin terlalu singkat dan sederhana.

Saya juga mengutip perkataan dari Rocky Gerung “kalau ingin menghilangkan hoax maka naikan IQ anda” dri Quotes ini sya mengambil kesimpulan bahwa jika ingin menghilangkan hoax maka perbanyaklah membaca karena dengan banyak membaca maka kita akan memiliki perbendaharaan kata yang banyak dan sudah tentu akan banyak menyerap informasi apa yang telah di baca. Biasakan bacaan yang sudah di mulai harus di akhiri pula agar tidak menimbulkan prespektif yang baru.
” Perbanyaklah membaca hingga menjadi kebiasaan sampai mendarah daging di dalam tubuh kita”

Hanya ini yang bisa saya bawakan pada kulsap ini. Masukan teman-teman adalah sebagai salah satu perbaikan kedepannya dan sebagai motivasi tersendiri buat saya.

Wassallam…
La Ode Arafik
Kendari, 18 August 2018

About Admin

Check Also

Sandwich Generation yang Merdeka

Sandwich Generation yang Merdeka Disadur dari Webinar Financial Yaumi Indonesia, narasumber Kak Kaukabus Syarqiyah, SE., ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *